Pertama Ide Dari Lampung, Ciptakan Kampung Damai Pemilu

Uncategorized46 Dilihat

 

JAKARTA– Polres Tulang Bawang, Polda Lampung, me-launching Kampung Damai Pemilu di halaman Balai Kampung Tri Tunggal Jaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, Jum’at, 2 Februari 2024.

Launching dihadiri oleh Kapolres Tulang Bawang AKBP James H Hutajulu, SIK, SH, MH, MIK, Pj. Bupati Tulang Bawang Drs. Qudrotul Ikhwan, MM, Danlanud Pangeran M Bun Yamin, Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto, Forkopimda plus, PJU Polres, serta para tokoh.

“Kampung Damai Pemilu yang kita launching hari ini, merupakan yang pertama di Provinsi Lampung dan Kabupaten Tulang Bawang, juga sebagai bentuk cooling system guna menciptakan situasi Pemilu yang aman dan damai,” kata AKBP James.

Kapolres berujar saat ini sedang tahapan Pemilu 2024. Untuk itu, dirinya mengimbau bahwa perbedaan pilihan pada pelaksanaan Pemilu merupakan hal yang biasa terjadi, tapi semua harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cinta ini.

“Dengan adanya Kampung Pemilu Damai ini, diharapkan akan menjadi pilot project untuk kampung-kampung lainnya yang ada di Kabupaten yang berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur,” ujar perwira peraih Adhi Makayasa Akpol 2004.

Kapolres menjelaskan, Kampung Damai Pemilu adalah kampung yang telah menyatakan komitmen dan ikrarnya untuk mendukung pelaksanaan Pemilu yang aman dan damai, serta menjaga kerukunan beragama yang ada di Kampung tersebut.

“Dengan dibentuknya Kampung Damai Pemilu ini, diharapkan bisa terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan pribadi atau golongan,” ucapnya.

Selain itu, ada juga beberapa kriteria yang harus dimiliki untuk bisa menjadi Kampung Damai Pemilu. Di antaranya, memiliki keanekaragaman suku, agama, budaya, ras, dan antar golongan, moderasi beragama tinggi, serta komitmen dan ikrar untuk mendukung Pemilu yang aman dan sejuk.

Di tempat yang sama, Pj. Bupati Tulang Bawang sangat mengapresiasi atas launcing Kampung Damai Pemilu yang diinisiasi oleh Kapolres Tulang Bawang dan ini merupakan langkah yang spektakuler.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Tulang Bawang atas inisiasinya sehingga terbentuk Kampung Damai Pemilu yang merupakan pertama di Provinsi Lampung, ini juga membuktikan bahwa Tulang Bawang itu unggul,” kata Qudrotul.

Ia mengajak semua pemeluk agama yang ada untuk sama-sama berdoa, sehingga pesta demokrasi yang akan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024 nanti dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Kami juga mengimbau kepada seluruh warga masyarakat diluar TNI-Polri untuk tidak golput dan dapat mempergunakan hak suaranya pada tanggal 14 Februari 2024 yang tinggal menghitung hari saja,” ujarnya.

Untuk diketahui, bahwa acara puncak dari launcing Kampung Damai Pemilu yakni dengan pemukulan gong sebanyak 5 kali oleh Pj. Bupati Tulang Bawang, penandatanganan Kampung Damai Pemilu, dan pembacaan deklarasi Damai Pemilu oleh Kepala Kampung (Kakam) Tri Tunggal Jaya, Tobing Afrizal, SH, yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *