Cegah Stunting Melalui Penurunan AKI Dan AKB, Puskesmas Sukatani Luncurkan Program Pakai Peniti

Pemerintahan5727 Dilihat

NCNINDONESIA.COM |TANGERANG – UPTD Puskesmas Sukatani, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang memprioritaskan pelayanan kesehatan untuk pencegahan dan penanggulangan bayi balita stunting serta deteksi dini resiko Ibu Hamil dalam penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Balita (AKB).

Hal tersebut diupayakan dengan menghadirkan inovasi program ‘Pakai Peniti’ (Pendampingan Kader Pemantau Balita Stunting) dan ‘Srikandi Setia (Screening Ibu Hamil Resti Terkendali Sehat Ibu dan Bayi aman).

Kepala Puskesmas Sukatani dr.Faizah mengatakan dua inovasi tersebut merupakan program prioritas nasional yang terfokus dalam mencegah generasi yang akan datang mengalami stunting serta menurunkan angka kematian ibu dan balita, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan sedini mungkin.

“Berbagai upaya akan kami lakukan bersama dalam percepatan penurunan AKI dan AKB serta penurunan dan pencegahan Stunting masih harus kita tingkatkan lebih lagi, supaya bisa kita tekan secara signifikan,” katanya.

Sebagai informasi, Puskesmas Sukatani berhasil meraih akreditasi paripurna dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Paripurna merupakan predikat akreditasi tertinggi yang diberikan berdasarkan penilaian terhadap managemen mutu dan keselamatan pasien.

Akreditasi Puskesmas Sukatani berlangsung sejak tanggal 30 Oktober – 01 November 2023. Dalam pelaksanaan akreditasi tahun 2023 Puskesmas sukatani mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.01.07/MENKES/165/2023 Tentang standar akreditasi Puskesmas.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *