Kalahkan Timnas Indonesia 1-3 Samurai Biru Lolos 16 Besar AFC Asian Cup 2023

Olahraga5722 Dilihat

NCNINDONESIA.COM | Kalahkan Timnas Indonesia di matchday 3 Piala Asia pada Rabu, 24 Januari 2024, Jepang tutup skor akhir kemenangan 1-3.

Gol terlambat Sandy Walsh rupanya tidak cukup membalas brace (2 gol) Ayase Ueda dan gol bunuh diri Justin Hubner di Stadion Al Thumama, Doha.

Hasil ini memastikan hak Samurai Biru untuk lolos 16 besar AFC Asian Cup 2023 dengan status runner-up Grup D. Di sisi lain, hasil akhir Timnas vs Jepang ini membuat Merah Putih resmi finis sebagai peringkat 3 Grup D.

Peluang Timnas Indonesia lolos 16 besar saat ini cukup tipis karena bergantung pada hasil 2 laga lain yang bergulir pada Kamis (25/1).

Kedua laga tersebut adalah Bahrain vs Yordania (Grup E) dan Oman vs Kirgistan (Grup F). Saat ini, di klasemen peringkat 3 Piala Asia 2024, Timnas Indonesia yang memiliki 3 poin dari 3 pertandingan, menempati urutan 4.

Tim asuhan Shin Tae-yong ada di bawah Palestina (Grup C) yang punya 4 poin, Suriah (Grup B) yang punya 4 poin, dan Bahrain (Grup E). Timnas Indonesia dipastikan finis di atas China (Grup A) yang punya 2 angka. Namun, yang jadi pertanyaan, apakah Garuda bisa bertahan di 4 besar, ataukah mereka bisa disalip Oman (Grup F) yang main belakangan.

Jika tetap di urutan 4, tiket 16 besar Piala Asia 2024 tentunya jadi milik Merah Putih.

Dalam laga Timnas Indonesia vs Jepang, Garuda menurunkan formasi 3-4-2-1 yang bisa berubah jadi 5-4-1. Pelatih Shin Tae-yong memakai 3 bek tengah, tetapi tidak memasukkan Elkan Baggot. Di lini depan, Egy Maulana Vikri tampil bersama Marselino Ferdinan di belakang Rafael Struijk. Namun, sepanjang babak pertama, Timnas Indonesia memang dikurung mutlak oleh Jepang yang menggunakan formasi 4-3-3.

Pelatih Hajime Moriyasu menggunakan komposisi yang sama sekali di luar dugaan. Wajar jika ia memasang Takehira Tomiyasu (Arsenal) dan Takefusa Kubo (Real Sociedad). Namun, beberapa nama yang jarang tampil, dimasukkan. Sementara, di posisi kiper, Zion Suzuki tetap dipertahankan.

Jepang langsung mendominasi permainan sejak awal. Sebuah momen fatal terjadi pada menit kedua, ketika Jordi Amat menarik Ayase Ueda di kotak penalti. Setelah intervensi VAR, wasit Khamis Al Marri yang berasal dari Qatar menunjuk titik putih.

Eksekusi yang dilakukan sendiri oleh Ueda sukses. Tembakan sang penyerang Feyenoord sebenarnya bisa ditebak kiper Indonesia, Ernando Ari. Namun, tak terbendung. Ini menjadi gol kedua Ueda di Piala Asia 2024. Sejak gol tersebut, Jepang tampak telaten dalam membongkar pertahanan Indonesia yang bertahan total dengan skema 3-7-0. Samurai Biru kesulitan mencari celah.

Di sisi lain, pasukan Shin Tae-yong sama sekali tidak berkembang di babak pertama,ada satu momen ketika Marselino Ferdinan yang bergerak di sisi kanan pertahanan Jepang mendapatkan bola dari Pratama Arhan. Ia melakukan cut back, yang langsung dipotong oleh Yuta Nakayama, bek asal Huddersfield. Di sisi lain, Jepang nyaris mencetak gol kedua pada menit 35. Bola silang yang dikirim Seiya Maikuma diselesaikan Keito Nakamura.

Tembakan sang gelandang Reims mengenai tiang gawang, lantas meluncur ke sisi gawang yang berlawanna, ketika Ernando Ari sudah tidak berdaya. Keunggulan Jepang 1-0 di babak pertama, bertambah pada awal paruh kedua, tepatnya menit 52.

Serangan kilat Jepang di sisi kanan pertahanan Garuda berujung pada bola Ritsu Doan yang dilewatkan Takefusa Kubo. Bola mengarah kepada Ayase Ueda yang tanpa kawalan. Ueda mengemas bracenya. Jepang kemudian memiliki 2 peluang lain lewat Ritsu Doan.

Namun, upaya pertama sang nomor 10 menyamping. Percobaan lainnya, bola yang melewati kepala Ernando Ari, melenceng. Masih ada kesempatan berikutnya untuk pemain Freiburg ini, tapi tandukannya dihalau dengan sundulan Justin Hubner di garis gawang.

Cederanya Egy Maulana Vikri oleh Takumi Minamino membuat Shin Tae-yong melakukan perjudian. Ia meletakkan Elkan Baggott sebagai penyerang. Menit-menit terakhir laga, Garuda baru berani keluar memanfaatkan keunggulan postur tubuh sang bek Ipswich.

Alih-alih mencetak gol, Timnas Indonesia justru kebobolan lagi. Menit 88, Ayase Ueda melepaskan tembakan yang hendak dibuang oleh Justin Hubner. Namun, sapuannya sang bek Wolves U21 justru mengarah ke gawang sendiri.

Saat terjadi kebuntuan, Timnas Indonesia mendapatkan gol. Bermula dari lemparan ke dalam Pratama Arhan, terjadi bola liar yang mengacaukan pertahanan Jepang. Sandy Walsh yang terbebas di area terlarang mengirim tembakan jarak dekat yang tidak bisa dihentikan Zion Suzuki. Skor akhir 1-3 untuk kemenangan Jepang.

Timnas Indonesia kalah, tetapi masih memiliki kans untuk lolos 16 besar Piala Asia 2024,dan penentuannya akan terjadi pada esok hari.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *