Badan Kesbangpol Kabupaten Tangerang Gelar Sosialisasi Kebijakan Politik

Berita4073 Dilihat

Tangerang,NCN–Dalam upaya menyampaikan, memberitahukan, mengkomunikasikan dan memberikan pemahaman kebijakan terkait politik, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang menyelenggarakan sosialisasi pada hari Rabu (15/11/2023) di Istana Nelayan, Jati Uwung.

Peserta sosialisasi adalah para pengurus partai politik (parpol) tingkat kecamatan, dan nara sumber terdiri atas akademisi UIN Syarif Hidayatullah, Andi Syafrani, anggota Bawaslu Provinsi Banten, Badrul Munir dan anggota KPU Kabupaten Tangerang, Badri Tamam.

Tujuan sosialisasi adalah untuk menguatkan kualitas kesadaran politik warga masyarakat menuju peran aktifnya dan partisipasinya terhadap pembangunan politik bangsa secara keseluruhan.

Sekretaris Badan ( Sekban) Kesbangpol, Encep Sahayat mengungkapkan bahwa sosialisasi kebijakan merupakan proses manusia belajar melalui cara, nilai dan menyesuaikan tindakan dengan masyarakat dan budayanya. Menurutnya sosialisasi politik adalah pembelajaran politik agar masyarakat dapat mengembangkan sikap, nilai, keyakinan, pendapat, dan perilaku yang kondusif untuk menjadi warga negara yang baik.

“Fungsi sosialisasi politik antara lain mencerdaskan bangsa, membangun masyakat yang paham akan politik, pemerintahan dan cara pengambilan kebijakan oleh pemerintah. Sosialisasi politik menumbuhkan kesadaran dan pemahaman politik. Dengan begitu, individu dapat berpartisipasi secara aktif dalam sistem politik yang berlaku,” ungkap Encep.(Nurdin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *