Presiden Joko Widodo : Indonesia Akan Terus Bersama Dengan Perjuangan Bangsa Palestina

Nasional3149 Dilihat

Jakarta,NCN–Melepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK Turut Hadir Menyaksikan

Dengan terbukanya peluang pengiriman bantuan untuk Palestina melalui Rafah, Kementerian Luar Negeri mengumpulkan donasi bantuan. Bantuan berasal dari anggaran Pemerintah, masyarakat Indonesia dan non government organization (NGO).

Bantuan Kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia untuk Palestina dilepas secara langsung oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu 4 November 2023 di Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma Jakarta, yang selanjutnya akan dikirimkan menuju Al Arish Mesir untuk diterima oleh Red Crescent Mesir dan disalurkan melalui ICRC dan UNRWA di Gaza.

Pengiriman bantuan tahap pertama seberat 51,5 ton bantuan, yang terdiri dari bahan makanan, alat medis, selimut, tenda dan barang logistik lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan di Gaza. Bantuan ini dibawa dengan menggunakan satu Pesawat Airbus 330 milik Polri dan dua Pesawat Hercules milik TNI.

Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK yang pada kesempatan ini mewakili Menko PMK, turut hadir menyaksikan pelepasan bantuan.

“Bantuan ini merupakan wujud solidaritas dan kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan, karena tragedi kemanusiaan di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan. Indonesia akan terus bersama dengan perjuangan Bangsa Palestina,” tegas Presiden Joko Widodo dalam sambutannya.

Sementara itu, pengiriman bantuan kemanusiaan kedua sedang dipersiapkan. Kloter kedua nantinya akan mengangkut alat kesehatan senilai 2 Juta Dollar dan bantuan dari NGO sejumlah 6,5 ton. Hingga 2 November 2023, tercatat beberapa pihak menyatakan komitmennya untuk turut mendukung misi pengiriman selanjutnya bantuan kemanusiaan untuk Palestina, seperti Mer-C, KitaBisa dan PT Paragon Technology and Innovation (Wardah).

Turut hadir dalam kegiatan ini Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Kesehatan Budi Gunadi, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Yudo Margono, Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun, Dirut Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional Kemenkeu, PMI, Baznas, dan perwakilan NGO.(Deni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *